Rabu, 18 Februari 2009

Firebird, RDBMS yang powerful dan mudah didistribusikan

Firebird adalah sebuah RDMS yang menawarkan banyak fitur standar ANSI SQL yang berjalan di Linux, Windows dan beberapa varian Unix. Firebird menawarkan konkurensi yang bagus, performa yang tinggi dan bahasa yang powerful yang mendukung prosedur dan trigger.

Proyek Firebird adalah sebuah proyek non komersial dari programmer C dan C++, penasehat teknis, dan para suporter yang membangun dan mengembangkan RDBMS multi platform dengan berbasiskan source code yang dikeluarkan oleh Inprise Corp (sekarang bernama Borland Corp) pada 25 Juli 2000.

Firebird telah mendukung penuh penggunaan stored procedure dan trigger semenjak versi pertamanya. Bahasa yang digunakan untuk stored procedure dan trigger di Firebird disebut PSQL (Procedural SQL). Bahasa SQL firebird juga sangat fleksibel dengan dukungan penggunaan sub query dan derivatif tabel (mulai versi 2.0).

Firebird memenuhi standar ACID sehingga menjamin transaksi database ditangani dengan layak. Selain itu Firebird juga mendukung penggunaan referential integrity untuk menjaga integritas database dengan baik.

Meskipun fitur-fitur yang didukung firebird sangat bagus dan sangat banyak tetapi ukuran file installernya cukup kecil sehingga sangat mudah untuk dibundle dalam installer software. Selain ukuran installer yang kecil yaitu sekitar 4 MB, lama waktu yang dibutuhkan untuk instalasi pada satu komputer dengan prosesor Pentium 4 adalah kurang dari 5 menit, bandingkan dengan lama waktu instalasi Oracle yang bisa berhari2.

Firebird telah digunakan untuk produksi pada banyak software. Beberapa software di Indonesia yang menggunakan Firebird untuk database servernya adalah Zahir Accounting, Accurate Accounting, Sistem Informasi Manajemen Penduduk Kota Madya Yogyakarta, dan lain sebagainya. Zahir Accounting adalah pemenang INAICTA (Indonesian ICT Award) selama 3 kali berturut-turut.

Apakah anda masih tidak yakin dengan Firebird?

Tidak ada komentar:

Creating Linux Daemon or Windows Service with Lazarus

Daemon Application in Linux or Service Application in Windows is an application that running in the background, usually automatically starte...